Langsung ke konten utama

Ternate oh Ternate

Waktu pertama kali di ajak pergi ke Ternate yang muncul di pikiran saya adalah Kerajaan Ternate dan Tidore penghasil rempah-rempah.

"Nah jadi Ternate itu ibu kota provinsi mana ya?" Tet tooot sejak tahun 2010 ibu kota provinsi Maluku Utara sudah dipindahkan ke kota Sofifi jadi sekarang Ternate bukan lagi ibu kota. Tapi karena pernah jadi ibu kota, Ternate lebih ramai daripada Sofifi. Bahkan banyak pekerja yang bekerja di Sofifi tetap tinggal di Ternate. Jadi mereka tiap hari pulang balik naik kapal (2 jam setiap perjalanan). Mungkin cerita mereka hampir mirip anak kereta Depok-Jakarta yang harus pulang balik. hehe

Kota ini terletak di sebuah pulau yang di tengahnya terdapat gunung vulkanik aktif bernama Gamalama. Karena itu, dimanapun kita berada di Ternate, kita selalu bisa melihat megahnya Gunung Gamalama.

Waktu kami ke Ternate kami diantar oleh Olivia teman yang sedang kerja praktek di kota Ternate. Dengan speed yang cukup santai kira-kira butuh 2 jam untuk mengelilingi seluruh pulau. Yap "seluruh" pulau. Kedengarannya kecil tapi kontur topografi Ternate yang beragam membuatnya menjadi sangat seru. Ada gunung, ada pantai, ada hutan, ada danau, dan laut yang indah.

First stop kami adalah Danau Ngade, kami tidak berkunjung ke danau nya tapi kami naik ke atas bukit tepat diatas Danau Ngade. Pemandangannya indah sekali, kita bisa lihat pemandangan yang ada di uang kertas Rp 1.000 yaitu pulau Tidore dan pulau Maitara.

Pemandangan uang 1000 diambil dari atas Danau Ngade

Setelah puas wisata swafoto di atas Danau Ngade, kami pun berjalan menuju persinggahan selanjutnya yaitu Danau Tolire. Kota Ternate punya banyak cerita rakyat salah satunya tentang asal mula Danau Tolire ini. Waktu itu kami singgah di Danau Tolire Kecil yang tempatnya bersebelahan dengan pantai yang memiliki pemandangan indah saat matahari tenggelam.

Sayangnya kami kurang beruntung karena waktu itu sedang banyak awan jadi mataharinya bersembunyi. Kata Olivia di Ternate matahari terbit dan tenggelam membuat langit berwarna pink.

Danau Tolire Kecil dengan background Gunung Gamalama yang gagah

Saung-saung di sekitar danau yang menyediakan pisang goreng khas Ternate dan Es Kelapa

pisang goreng mirip keripik pisang
rasanya tidak manis tapi tidak sepat
dimakan pakai sambal dan kacang goreng

Waktu pagi harinya emang terbukti kalau langit Ternate benar-benar indah dan berwarna pink.
So pretty!!
Langit Ternate di pagi hari, sebetulnya sebelumnya
lebih pink daripada gambar ini

Travel Hint :
  • Hotel di Ternate sedikit lebih mahal dengan pelayanan yang agak kurang. Lebih baik menabung lebih banyak supaya dapat hotel yang lebih bagus.
  • Semua angkot di Ternate jauh dekat tarifnya Rp5000 saja dan untuk rutenya masih bisa berubah-ubah sesuai dengan keinginan kita. Jangan ragu untuk tanya dengan supirnya.

Postingan populer dari blog ini

Nasi Berwarna

Selain putih, kuning, dan merah ternyata juga ada nasi2 dengan warna yg unyu lainnya :3 NASI HITAM nasi goreng hitam @ Legoh - Jl Sultan Agung , sebelah flashy Bandung 12,5K kenapa hitam? katanya dicampur tinta cumi rasanya aceeem, tapi enak :) unik NASI UNGU nasi kalong + ayam madu + ayam saus lemon + buncis + tahu @ nasi kalong - Jl Riau , Bandung 25K *depend on ur choice* kenapa nasinya ungu? karena dicampur kluwek (yg biasa buat rawon) semua lauk disini, wlpun murah (eg. tahu) tp rasanya jadi enaak sayur buncisnya pun enak banget, renyah dan ga ada ampasnya, matengnya pas! ayam madu yg paling recommend jangan lupa pesen es jelly  ya

Ichiell and the chocolate theory

this is tʃ ɒ k əl ɪ t cita2 gw waktu kecil: -Pengen nikah ama yg punya pabrik coklat -Pengen punya toko coklat -Pengen dapet golden ticket dari Mr. Willy Wonka -Pengen punya kulit coklat kaya Anggun C Sasmi Kebayang kan gimana reaksi emak gw waktu tau anaknya punya cita-cita yg absurd ky gitu. Amit amit jabang bayiiii (smoga ank gw cita2nya lebih elite drpd ibunya) X_X Waktu SD gw menderita sakcok (sakit karena coklat), kalo sehari ga makan coklat (dalam bentuk apa aja) gw bisa marah2 seharian dan moodnya ga jelas -______-'' *maluuu deh critanya* *dasar aneh* warning buat para orang tua, jauhkan anak2 anda dari coklat berlebihaan atau anak2 anda akan menjadi seperti saya HUAHAHAHAHAHAHAH ini beberapa coklat yang baru saja saya makan belakangan   Rich Bar by Van Houten ini wafer coklat murah yg berkualitas tinggi saingan yg sepadan adalah Cadbury Break 1,5K saja dan anda akan merasakan enaknya van houten   Mi papa brought this for me, he is so romantic. Luv u

Quotes of the Train #ceritakereta

gambar di ambil dari sini Semalam baru selesai nonton film Train to Busan yang sedang ramai ditonton orang, dan paginya baca artikel tentang Train to Manggarai , yang isinya curhatan gimana menderitanya (dan hampir jadi zombie ) kalau tiba-tiba kereta ( commuter line ) ditahan di stasiun Manggarai. Hahaha... Gak kerasa udah hampir 5 tahun jadi anker alias anak kereta alias commuter. Hampir setiap hari merasakan perjuangan bersama penumpang lainnya. Banyak cerita-cerita yang lucu dan mengharukan di kereta, apalagi saya selalu naik di gerbong wanita (di ujung depan atau belakang) yang isinya ibu-ibu pejuang kereta yang hebohnya ngalahin suporter sepakbola. Sebenernya moda transportasi ini menurut saya emang paling the best. Walaupun penuh sesak dan hampir jadi zombie, tapi probabilitias kepastian nya lebih tinggi daripada yang lain karena ga kena macet. Cuman memang penuhnya itu yang kadang-kadang bikin ga tahan. Pernah ngerasain penuh-penuhan di jam sibuk juga di negara l