Langsung ke konten utama

Sumber Hidangan

Bandung dan Braga.
Bbrp hari yg lalu gw jalan2 di pinggiran jalan Braga, bukan buat foto2, tp penasaran sm toko roti lawas yg ada di ujung jalan ini "Sumber Hidangan". Cafe dan toko kue ini bener2 kuno. Sepertinya aslinya memang seperti itu dari dulu. Kursi, meja, timbangan, bahkan lo bakal liat mesin hitung kuno yg sering lo liat di film2 hitam putih, juga ada radio kuno yg ga kalah gedhe di deket meja kasir. Sedikit mengingatkanku pada toko kue tan ek tjuan di Cikini. Setipe kuenya, tapi ini lebih Belanda dan lebih Jadul!
me : Om, ini radio masih dipajang aja, msh nyala om?
om yg punya : Udah mati, powernya masih jalan, tp cuman bisa nangkep radio2 jaman dulu yg pake frekuensi am, skrg ya ga bisa dgr apa2.
me : Dari dulu mmg spt ini ya om tempat ini?
om : Ya memang begini, sejak tahun 1929. Kurang lebih udah 2 generasi lah.
me : Ice cream nya bikin sendiri ya om?
om : Semua yg dijual disini dibikin sendiri, bahkan roti untuk hotdog/burgernya juga.
me : Braga mmg seperti ini ya om dr dulu?
om : Ahh dulu ga seperti ini, Braga dulu pusatnya hiburan. Dulu orang kalo ke Bandung belom ke Braga itu blom ke Bandung. Tinggal beberapa bangunan lama yg bertahan, salah satunya ya toko ini. Jalannya juga dulu tidak spt ini, ga ada tu lubang sedikit pun. Sekarang jalan Braga rusak sekali. Dulu orang klo mau merokok ke situ *gw lupa ah payah*, kalo minum2 di ujung situ *gw lupa lg*, trus kalo belanja di situ *-_- payah gw*. Pusat entertainment lah.
me : Ga takut kesaing om sm yg sebelah2 baru ini?
om : Toko ini udah punya pelanggan setia, ya jadi kita masih hidup sampai sekarang. Pelanggan setianya ya orang2 asli Bandung, beberapa dr mereka yg sekarang sudah jadi artis. Remi Silado tau?
me : *injek2 kaki patner kelupaan* *ngangguk2 aja lah* Ohh iya om
om : Iya, beliau sering kesini. Ada juga yg dulu sering dibawa orangtua nya kesini, stlh dewasa mereka jadi sering kesini untuk nostalgia

Hmmm seneng deh klo masih bisa menikmati cuilan cerita tempo dulu dari saksi matanya langsung. Mom slalu ajarin gw buat peduli sama sejarah yg ada disekitar kita. Dari kecil gw slalu dibawa buat lihat dan tau sejarah disekitar , cerita2 tempo dulu, dan kebudayaan yg belom tentu bisa kita baca di buku.
 
#roll cake (8K)
diluarnya coklat pait, di tengah itu krim yg dicampur sama nanas
beda sama kue yg biasa kt makan di toko kue
its so classic
 
#kue krim mocca (6k)
Ini bukan taart, lapisan paling atasnya keras
Mirip nougat tp lembut, mirip biskuit tapi sedikit legit
tengahnya ada krim mocca

 #guys maaf gw banyak lupa namanya,bahasa belanda masih asing di telinga gw#

Sambil minum teh hangat dan menikmati kue,seolah2 terbang ke masa waktu noni2 dan sinyo2 Belanda sedang duduk2 dan menikmati sore di Braga.
hoe gaat het?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nasi Berwarna

Selain putih, kuning, dan merah ternyata juga ada nasi2 dengan warna yg unyu lainnya :3 NASI HITAM nasi goreng hitam @ Legoh - Jl Sultan Agung , sebelah flashy Bandung 12,5K kenapa hitam? katanya dicampur tinta cumi rasanya aceeem, tapi enak :) unik NASI UNGU nasi kalong + ayam madu + ayam saus lemon + buncis + tahu @ nasi kalong - Jl Riau , Bandung 25K *depend on ur choice* kenapa nasinya ungu? karena dicampur kluwek (yg biasa buat rawon) semua lauk disini, wlpun murah (eg. tahu) tp rasanya jadi enaak sayur buncisnya pun enak banget, renyah dan ga ada ampasnya, matengnya pas! ayam madu yg paling recommend jangan lupa pesen es jelly  ya

Ichiell and the chocolate theory

this is tʃ ɒ k əl ɪ t cita2 gw waktu kecil: -Pengen nikah ama yg punya pabrik coklat -Pengen punya toko coklat -Pengen dapet golden ticket dari Mr. Willy Wonka -Pengen punya kulit coklat kaya Anggun C Sasmi Kebayang kan gimana reaksi emak gw waktu tau anaknya punya cita-cita yg absurd ky gitu. Amit amit jabang bayiiii (smoga ank gw cita2nya lebih elite drpd ibunya) X_X Waktu SD gw menderita sakcok (sakit karena coklat), kalo sehari ga makan coklat (dalam bentuk apa aja) gw bisa marah2 seharian dan moodnya ga jelas -______-'' *maluuu deh critanya* *dasar aneh* warning buat para orang tua, jauhkan anak2 anda dari coklat berlebihaan atau anak2 anda akan menjadi seperti saya HUAHAHAHAHAHAHAH ini beberapa coklat yang baru saja saya makan belakangan   Rich Bar by Van Houten ini wafer coklat murah yg berkualitas tinggi saingan yg sepadan adalah Cadbury Break 1,5K saja dan anda akan merasakan enaknya van houten   Mi papa brought this for me, he is so romantic. Luv u

Quotes of the Train #ceritakereta

gambar di ambil dari sini Semalam baru selesai nonton film Train to Busan yang sedang ramai ditonton orang, dan paginya baca artikel tentang Train to Manggarai , yang isinya curhatan gimana menderitanya (dan hampir jadi zombie ) kalau tiba-tiba kereta ( commuter line ) ditahan di stasiun Manggarai. Hahaha... Gak kerasa udah hampir 5 tahun jadi anker alias anak kereta alias commuter. Hampir setiap hari merasakan perjuangan bersama penumpang lainnya. Banyak cerita-cerita yang lucu dan mengharukan di kereta, apalagi saya selalu naik di gerbong wanita (di ujung depan atau belakang) yang isinya ibu-ibu pejuang kereta yang hebohnya ngalahin suporter sepakbola. Sebenernya moda transportasi ini menurut saya emang paling the best. Walaupun penuh sesak dan hampir jadi zombie, tapi probabilitias kepastian nya lebih tinggi daripada yang lain karena ga kena macet. Cuman memang penuhnya itu yang kadang-kadang bikin ga tahan. Pernah ngerasain penuh-penuhan di jam sibuk juga di negara l